Bukit Betung, Sungai Liat Babel

Bukit Betung, Sungai Liat Babel

Selasa, 13 April 2010

Teknologi Informasi

Inovasi Masa Depan


A. Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan peran yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan mannajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik. Mengutip apa yang dikatakan kadir (2003), secara garis besar, teknologi informasi memiliki peranan : 1) dapat menggantikan peran manusia, dalam hal ini dapat melakukan otomasi terhadap tugas atau proses; 2) memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses; 3) berperan dalam restrukturissi terhadap peran manusia, dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses. Berdasarkan pemahaman diatas, maka kehadiran teknologi informasi telah memberikan kekuatan dan merupakan potensi besar jikalau dimanfaatkan dengan baik.
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,dan memanipulasi data) yang menghasilkan informasi yang berkualitas (relevan, akurat, tepat waktu). Teknologi informasi dipergunakan untuk berbagai keperluan, seperti keperluan pribadi, bisnis, pendidikan dan pemerintahan. Teknologi Informasi inilah yang merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan sebuah keputusan. Teknologi informasi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan antar komputer. Pada dasrnya, teknologi informasi sendiri digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global serta cepat.



B. Pembahasan
Ketika berfikir ke masa depan, sebagian orang mempertimbangkan teknologi saat ini dan bagaimana teknologi tersebut dapat diperbaiki atau lebih berkembang dimasa depan. Teknologi informasi telah membuka jendela dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas. Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu interaksi bisnis, ekonomi, sosial, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang demikian besar bagi masyarakat, perusahaan / industri atau pemerintah. Hadirnya Internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional berbagai perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga lain, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan usaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainya.
Semakin berkembang pesatnya era komputerisasi dan teknologi informasi saat ini serta semakin gencarnya para ilmuwan dalam menemukan berbagai penemuan baru di dunia teknologi informasi, sehingga tidak mengherankan pada saat nantinya akan hadir berbagai inovasi baru yang semakin memudahkan masyarakat dunia dalam berkomunikasi. Menurut majalah Inggris New Scientis, seperti yang dikutip Epoch Times (edisi selasa, 3 Februari 2009), meramalkan akan hadirnya 10 produk iptek besar yang diharapkan terjadi dalam 30 tahun ke depan, dari ruang laboratorium melangkahkan kakinya ke rumah Anda, menjadi produk umum seperti halnya handphone (HP). Ke-10 iptek besar tersebut termasuk alat pendeteksi tembus dinding, mantel penyirna tubuh ala Harry Potter yang hingga saat ini masih dikembagkan oleh ilmuwan di Israel, peralatan panjat dinding ala spiderman yang membuat orang mampu memanjat dinding, pesawat terbang pribadi super, pesawat antariksa pribadi dan TV yang dapat menebarkan aroma dan lain-lain.
Bila melihat beberapa inovasi iptek diatas tentu menjadi sebuah pertnyaan besar bagi kita, apakah iptek semacam itu bisa dikembangkan karena secara rasional hal itu sangat sulit untuk dibuat menjadi hal atau produk yang nyata bagi masyarakat dunia. Namun, bila menelaah kebelakang tentang perkembagan teknologi yang terjadi pada tahun 1979 dimana perusahaan Jepang (NET), berhasil menemukan dan mengembangkan HP internet diseluruh dunia. Dimasa itu, penemuan tersebut merupakan hal yang mustahil terjadi. Sampai dengan perkembagan HP saat ini, tidak pernah terbayangkan pada akhirnya kita bisa berbicara dengan orang seseorang melalui HP dengan secara langsung melihat langsung wajag orang tersbut dilayar HP kita (produk 3G).
Keberhasilan semacam inilah yang menjadi modal dan optimisme para ilmuwan untuk mengembangkan iptek, terutama dalam hal teknologi informasi di masa depan demi sebuah pencapaian dan kemajuan bagi seluruh umat manusia, baik saat ini maupun bagi proses kehidupan masa depan nantinya.


C. Kesimpulan
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan terus adanya penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi informasi yang dapat memudahkan masyarakat diseluruh dunia untuk mengakses dan mendapatkan informasi secara cepat, tepat dan akurat dari berbagai sumber diseluruh dunia, terutama melalui dunia maya melalui teknologi berbasis internet (internet based technology). Hadirnya penciptaan film-film dengan menggunakan teknologi tingkat tinggi seperti halnya film Avata atau Harry Potter menunjukkan bahwa setiap waktu dunia teknologi saat ini terus menemukan berbagai inovasi baru yang dapat membuat kagum para penontonnya. Pengembagan mantel penyirna atau menghilang ala Harry Potter menunjukkan bahwa para ilmuwan saat ini, terutama para ilmuwan di Israel terus berusaha untuk mewujudkan hal yang dulunya menjadi hal sesuatu mustahil biasa terjadi dan dilakukan menjadi sebuah temuan teknologi yang benar-benar nyata. Perkembangan teknologi informasi melaui alat komunikasi dan elektronik seperti handphone dan komputer atau laptop dengan sistem jaringan 3G dan webcame semakin menunjukkan eksistensi perkembangan teknologi informasi saat ini. Semoga perkembangan teknologi informasi ini tidak hanya dapat bermanfaat bagi segelintir orang atau negara tapi dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar